Change the world by words. Think anything, anywhere. Create the imagination, then Let's share the inspirations.

27 July 2010

Malam Tengah Bulan Sya'ban

Nishfu Sya'ban adalah Malam ke 15 pada bulan Sya'ban, malam bulan Purnama pada bulan Sya'ban. Kaum Muslimin banyak meyakini bahwa di malam ini terdapa banyak keutamaan. dan diyakini sebagai malam penutupan buku catatan amal Makhluq di bumi. karena itulah banya Muslimin melakukan Ritual Minta Ampun dan Taubat pada malam Nshfu Sya'ban ini dan melakukan beberapa amalan-amalan khusus.
Sabda Rasulullah saw : “Allah mengawasi dan memandang hamba hamba Nya di malam nisfu sya’ban, lalu mengampuni dosa dosa mereka semuanya kecuali musyrik dan orang yg pemarah pada sesama muslimin” (Shahih Ibn Hibban hadits no.5755)

Berkata Aisyah ra : disuatu malam aku kehilangan Rasul saw, dan kutemukan beliau saw sedang di pekuburan Baqi’, beliau mengangkat kepalanya kearah langit, seraya bersabda : “Sungguh Allah turun ke langit bumi di malam nisfu sya’ban dan mengampuni dosa dosa hamba Nya sebanyak lebih dari jumlah bulu anjing dan domba” (Musnad Imam Ahmad hadits no.24825)

Berkata Imam Syafii rahimahullah : “Doa mustajab adalah pada 5 malam, yaitu malam jumat, malam idul Adha, malam Idul Fitri, malam pertama bulan rajab, dan malam nisfu sya’ban” (Sunan Al Kubra Imam Baihaqiy juz 3 hal 319)

Umumnya pada malam Nishfu Sya'ban Kaum Muslimin melakukan Sholat Tasybih dilanjutkan dengan membaca Surat Yasin sebanyak 3x dengan do'a dan pengkhususan yang berbeda. namun tak sedikit orang yang salah kaprah dengan menyebutkan sholat Tasybih di malam Nishfu Sya'ban itu sebagai Sholat Nishfu Sya'ban yang sebenarnya tidak pernah ada dan tidak pernah di lakukan oleh nabi.

tidak pantas Muslimin mengharamkan Ritual Sholat Tasybih dan amalan2 lainnya dengan dalih tidak pernah di anjurkan dan tidak pernah di lakukan oleh nabi serta tidak ada hadistnya. karena melarang sesuatu yang halal itu sangat besar Dosanya.

pelarangan akan hal ini merupakan perbuatan mungkar dan sesat, sebagaimana sabda Rasulullah saw : “sungguh sebesar besarnya dosa muslimin dg muslim lainnya adalah pertanyaan yg membuat hal yg halal dilakukan menjadi haram, karena sebab pertanyaannya” (Shahih Muslim)


Rasulullah SAW bersabda :

يطلع الله إلى خلقه في ليلة النصف من شعبان فيغفر لجميع خلقه إلا لمشرك أو مشاحن

”Allah mengamati para makhluk-Nya di malam pertengahan bulan Sya’ban dan Dia mengampuni semua makhluk-Nya kecuali yang musyrik dan orang yang memusuhi orang lain (tanpa alasan benar)



----------------------------------


Ditulis oleh SiUmam Ndut dalam catatan facebooknya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...