Change the world by words. Think anything, anywhere. Create the imagination, then Let's share the inspirations.

04 November 2010

Kado Istimewa Untuk Orang Yang Malas Sholat

Orang yang melalaikan shalat maka ia termasuk orang yang berpaling dari peringatan Allah, maka Allah akan meng"hadiahkan" kepadanya "KADO ISTIMEWA". 


Tha-Ha (20) : 124

وَمَنْ أَعْرَضَ عَن ذِكْرِي فَإِنَّ لَهُ مَعِيشَةً ضَنكاً وَنَحْشُرُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَعْمَى

Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sesungguhnya baginya kehidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta".

Kado Istimewa Itu Adalah ..............
KEHIDUPAN YANG SEMPIT.

Ibn Jawziy menjelaskan bahwa ulama tafsir mengemukakan lima pendapat tentang kehidupan sempit yang dialami seseorang yang dimaksud dalam ayat itu.

1. Beratnya azab kubur seperti dijelaskan oleh hadis Abu Hurairah (di bawah).

2. Kuburannya disempitkan, hingga tulang-belulangnya patah.

3. Ia akan mengalami kehidupan yang sangat berat di dalam neraka.

4. Ia merasa sempit untuk melakukan usaha yang halal, hingga ia melakukan usaha dengan cara yang haram.

5. Harta yang ia miliki tidak membawanya bertakwa kepada Allah. 


Menurut Ibn 'Abbas, seperti disebutkan Ibn Katsir, kehidupan yang sempit itu adalah "tidak bahagia".

Indikasi kuat terhadap hal itu adalah setiap kali ia menerima sesuatu dari orang lain, sedikit atau banyak, ia tidak pernah merasa puas dan tidak pernah melihat sisi baik dari apa yang diterimanya itu. Orang-orang yang hidupnya sempit selalu berburuk sangka bahwa Allah tidak mengubah hidupnya. Padahal, kalau seorang hamba berburuk sangka kepada Allah, maka Allah akan mempersulit kehidupannya.

Ibn Katsir juga menyebutkan bahwa orang yang berada dalam kehidupan yang sempit tidak akan merasakan ketenangan dan kedamaian di hatinya; hatinya selalu gundah dan resah, meskipun secara lahiriyah ia berlimpah nikmat. Boleh jadi ia dapat memakai pakaian yang ia senangi, makan yang ia sukai dan memiliki rumah yang memadai, namun ia selalu dalam resah, bingung dan bimbang. Ia selalu hidup dalam ketidak pastian.

Penyebab semua itu adalah hati yang tidak tulus dalam keyakinan dan mengikuti petunjuk Allah.

Karena, maksud kata "berpaling" yang dimaksud dalam ayat di atas, seperti disebutkan al-Alusiy, adalah "tidak mengikuti". Artinya, orang yang akan mengalami kehidupan yang sempit itu adalah orang-orang yang tidak mengikuti peringatan dari Allah. 

Sebetulnya akibat keengganan mengikuti petunjuk Allah dengan tulus dan menyeluruh itu, seperti disebutkan al-Syawkaniy, bukan hanya kehidupan yang sempit, penuh penyesalan dan susah di dunia. Akan tetapi sanksinya terus berlanjut ke kehidupan dalam kubur sampai ke kehidupan di akhirat. Malahan ia akan merasa lebih sempit, lebih menyesal dan lebih susah di akhirat nanti.

Berat dan sempitnya kehidupan di dalam kubur bagi mereka yang tidak mau mengikuti peringatan yang diberikan Allah, diceritakan dalam hadis yang disampaikan oleh Abu Hurairah.

Dalam hadis itu disebutkan bahwa Nabi bertanya kepada para sahabat tentang maksud kehidupan yang sempit?

Para sahabat menjawab: Allah dan Rasulnya yang mengetahui. Nabi menjelaskan: Azab orang kafir di dalam kuburnya. Demi yang nyawaku ada di tangannya, sesungguhnya akan didatangkan kepadanya 99 ekor tanin. Tahukah kalian apa tanin itu? Yaitu 99 ekor ular, yang masing-masingnya memiliki 7 kepala, yang akan melilit dan mematuk serta mengoyak-ngoyak tubuhnya sampai hari berbangkit (HR. Ibn Hibban dan Abu Ya'la)

Kita berlindung dari Allah dari kehidupan seperti itu, dan semua orang tentu juga tidak ingin mengalami hidup yang seperti itu. Jalan keluarnya, seperti disebutkan al-Qurthubiy, jadilah orang-orang yang ber-Islam dengan rela, bersikap qana'ah, dan bertawakkal kepada-Nya. Dengan mengupayakan sikap seperti ini, semoga kelapangan, kemudahan serta kehidupan yang terhormat diberikan Allah kepada kita, sebagaimana disebutkan dalam surat al-Nahl [16] ayat 97 (akan Kami beri ia kehidupan yang bersih).

-----

Dari Catatan Kembang Anggrek.
Baca semua komentarnya di sini.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...