Change the world by words. Think anything, anywhere. Create the imagination, then Let's share the inspirations.

24 August 2010

Cara Menghemat Uang Saat Lebaran

Saat-saat bulan puasa ramadhan menjelang lebaran merupakan masa-masa di mana kebanyakan orang meningkatkan konsumsi pembelian sehari-harinya hingga di luar batas kebiasaan. Itulah sebabnya pemerintah memberlakukan peraturan pembayaran bonus tunjangan hari raya (THR) kepada perusahaan terhadap para karyawan atau buruh yang dipekerjakannya demi menutupi kebutuhan uang pada saat menjelang lebaran dan lebaran.
Bagi yang ingin menghemat pengeluarannya selama sebelum dan sesudah lebaran agar bisa menabung banyak mungkin ada tips dan trik jitu berikut ini yang berguna bagi anda :

1. Tradisi Beli Baju Baru

Gunakan saja baju lama yang masih terlihat bagus. Biasakan lah membeli jika diperlukan saja, bukan karena gengsi. Biasakan untuk memiliki baju yang tidak beragam agar kita tidak pusing memilih baju dan kita terbiasa memakai baju yang ada.

2. Tradisi Pulang Kampung

Jangan pulang kampung setiap tahun. Pulang kampung beberapa tahun sekali saja toch acaranya hanya itu-itu saja. Maksimalkan teknologi maju yang sudah ada seperti handphone untuk silaturahmi baik melalui sms, mms, suara, gambar bergerak maupun konfrensi rame-rame. Jika rindu kampung halaman pulanglah di luar hari-hari besar dan jangan terlalu lama agar bisa irit pengeluaran.

3. Tradisi Masak Banyak Makanan

Masakan yang enak dan banyak tidak harus mahal. Buka-buka lagi resep-resep masakan yang tidak butuh bahan yang berharga mahal. Kalau perlu buat grup masak ramai-ramai agar harga bahan baku bisa ditekan karena pembelian skala besar dan beban kerja jadi ringan karena dilakukan banyak orang yang terspesialisasi. Jika ada tradisi saling hantar-menghantarkan makanan sebaiknya sesuaikan dengan kondisi kita, jangan terlalu dipaksakan jika tak mampu.

4. Tradisi Bagi-Bagi Uang

Sebaiknya alihkan menjadi zakat, infak dan sedekah yang diserahkan sendiri kepada yang berhak menerimanya atau melalui amil zakat yang ada di sekitar kita. Jika kita tidak punya uang dan miskin justru kitalah yang berhak menerima bantuan dari orang lain termasuk menerima zakat, infak dan sodakoh.

5. Tradisi Pamer dan Gengsi

Yang ini perlu segera dihapus segera dari adat kebiasaan kita agar hidup kita bisa bahagia dan selalu mensyukuri apa yang telah Alloh SWT berikan kepada kita. Mulai sekarang jadilah insan yang bergaya hidup sederhana dan tidak bermewah-mewahan walaupun uang kita banyak. Karena itu adalah perintah dari Tuhan kita semua.

-----

Islam tidak pernah mengajarkan untuk boros saat sebelum lebaran dan setelah lebaran. Justru di bulan puasa ramadhan kita digembleng untuk bisa menahan hawa nafsu kita termasuk nafsu menghambur-hamburkan uang karena faktor gengsi atau budaya kebiasaan semata. Budaya yang berlaku saat ini perlu kita pahami dan pelajari lagi agar tradisi yang buruk tidak menjadi gaya hidup kita.

Nabi Muhammad SAW serta Al-Qur'an mengajarkan kita untuk hidup sederhana tidak boros, pamer, bermegah-megahan dan gengsi. Jadi lah orang yang rendah hati serta bergaya hidup sederhana karena Allah SWT tidak menilai derajat kita dari harta kekayaan dan gaya kita, namun dari ketakwaan dan ilmu positif yang kita amalkan.

--------------------


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...